Senin, 10 Desember 2012

Super Junior ELF

Kamis, 27 September 2012

Lets Learn Hangeul

Sistem penulisan bahasa Korea yang asli disebut “Hangul” merupakan sistem yang silabik dan fonetik. Aksara-aksara “Sino-Korea (Hanja)” juga digunakan untuk menulis bahasa Korea. Walaupun kata-kata yang paling umum digunakan merupakan “Hangul” , lebih dari 50% kosakata bahasa Korea terdiri dari kata-kata yang dibentuk dari “Hanja”.
Huruf ini dikenalkan oleh “Raja Sejong” dari Dinasti Chosun pada tahun 1443 abad ke-15, dikenal sebagai “Hunmin Jeong eum”. Namun istilah “Hangul” (atau tepatnya disebut “Hangeul”) baru dikenal pada permulaan abad ke-20. Setelah “Hangeul” digunakan pun, “Hanja” masih tetap dipakai, sedang “Hangeul” dipakai oleh orang-orang tidak berpendidikan, wanita dan anak-anak. Jadi dulu itu Hangul dibuat untuk memudahkan orang-orang dari kelas bawah belajar membaca dan sesuai dengan tujuan pembuatannya maka mempelajari Hangul tidaklah sesulit yang kita bayangkan.
Namun pada perkembangannya, Hangeul makin banyak digunakan bahkan pada abad ke-19 dan permulaan abad ke-20, penggunaan “Hangeul” dan “Hanja” seimbang. Namun kini, Hanja hanya dijumpai pada tulisan-tulisan akademik dan resmi, sedangkan hampir semua papan nama, jalan, petunjuk, bahkan tulisan-tulisan informal ditulis dalam “Hangeul”.
Sekian sejarah singkat kenapa Hangul diciptakan. Selanjutnya kita membahas tentang huruf-hurufnya. Jumlah huruf Hangul adalah 24 yang terdiri atas 10 huruf vokal dan 14 huruf konsonan. Berikut ini huruf vocal dan konsonan Hangeul. Dihapalin yaa.
Habis? Belum, karena masih ada vocal ganda dan konsonan ganda yang jumlahnya masing-masing 11 dan 5. Ini dia vocal ganda dan konsonan ganda.

Cara penulisan Bahasa Korea Hangul dilakukan setelah menggabungkan huruf vokal dan konsonan untuk membentuk satu suku-kata seperti bahasa asing lainnya, dan dituliskan dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah.
belajar menggabungkan huruf hangeul via video youtube

Dalam satu suku-kata, huruf konsonan Hangul dapat dipasang di depan atau di belakang huruf vokal. 19 huruf konsonan termasuk semua konsonan ganda dapat dipasang di depan huruf vokal secara keseluruhan tetapi di belakang huruf vokal, 16 huruf konsonan saja kecuali 3 konsonan ganda, ㄸ, ㅃ, ㅉ dapat dipasang. Menyusul huruf vokal untuk membentuk konsonan rangkap disebut 받침(bachim).Bachim mempunyai 7 nilai kata yakni ㅇ, ㅁ, ㄴ, ㄹ, ㅂ, ㄷ, ㄱ
Pelajaran tentang tata cara penggabungan huruf Hangeul, pelafalan beserta bachim akan dijelaskan selanjutnya, untuk sekarang yang penting kalian bisa baca huruf hangul dulu ya. Happy learning.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Template Picture Window. Diberdayakan oleh Blogger.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar